Cara Screenshot Samsung Galaxy A20s, bisa Screenshot Panjang juga

Cara Screenshot Samsung Galaxy A20 / A20s mudah dengan tombol dan tanpa tombol
cara screenshot samsung a20s

Andronine.com - Screenshot atau tangkapan layar memang sangat diperlukan untuk keperluan khusus. Beda tipe smartphone beda pula caranya.

Tidak sedikit orang belum tau bagaimana cara screenshot samsung A20s. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Dalam hal mengambil cuplikan tangkapan layar ini ada 4 opsi yang bisa dilakukan, dimana setiap opsi punya keunggulan tersendiri, yaitu: menekan tombol fisik, menggunakan gesture (usapan layar), screenshot panjang (scroll capture), dan menggunakan menu asisten.

Screenshot atau biasa disebut "SS" adalah proses mengambil cuplikan apapun yang tampak pada layar smartphone lalu kemudian akan disimpan dalam format jpeg/png.

Screenshot biasanya diperlukan untuk berbagai keperluan khusus, seperti bukti pembayaran dan keperluan lainnya.

Teruntuk kalian para pengguna HP Samsung Galaxy A20 / A20s yang belum tau bagaimana cara mengambil screenshot, berikut Andronine akan berikan tutorial lengkap dan mudah cara mengambil SS di HP Samsung Galaxy tanpa tombol maupun dengan tombol.
cara screenshot samsung a20

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengambil tangkapan layar, yaitu hanya menggunakan 2 jari saja.

Caranya dengan menekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama 1-2 detik saja sampai layar berkedip dan terdengar suara shutter (suara kamera).

Kemudian hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di Gallery.

Catatan: Cara yang pertama ini memang sangat mudah, namun dalam penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada tombol fisik jika terlalu sering digunakan. Solusinya untuk mencegah masalah ini kalian dapat menggunakan cara berikutnya.

Untuk cara screenshot tanpa tombol tidaklah berbeda dengan perangkat Samsung lainnya. Untuk semua perangkat Samsung yang menjalankan OS Android versi 8.0 Oreo, 9.0 Pie, hingga yang terbaru Android 10.0 Q, Samsung tetap memberikan fitur screenshoot tanpa harus menekan kombinasi tombol.

Cukup dengan gesture (usapan layar) dan menggunakan tombol asisten kalian sudah bisa mengambil screenshot tanpa harus repot-repot menekan tombol.

Sebelum melakukan screenshot dengan cara ini, ada sedikit pengaturan yang harus diaktifkan. Untuk cara mengaktifkannya simak panduan dibawah ini.

Samsung menyebut fitur ini dengan nama Palm Swipe. Dengan cara ini kamu cukup mengusap layar dengan telapak tangan dari arah kanan ke kiri.

Begini cara screenshot Samsung tanpa tombol dengan fitur Palm Swipe.

1. Aktifkan Palm Swipe

Buka Pengaturan / Setelan - Fitur lanjutan - Gerakan dan Gesture - aktifkan "Palm Swipe (Usap Telapak Tangan untuk mengambil)".

2. Tentukan area yang ingin di screenshot

Tentukan area yang ingin di screnshot. Kemudian luruskan tangan, lalu usap bagian layar dari kanan ke arah kiri hingga layar berkedip dan berbunyi shutter.
cara screenshot samsung a20 / a20s 3 jari

3. Hasil screenshot tersimpan di Gallery

Hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan di Gallery

Catatan: Pastikan tangan kalian bersih dan kering saat menggunakan cara ini. Karena jika tangan kalian kotor atau basah maka akan sedikit sulit, kalian harus mengulang beberapa kali.

Dengan menggunakan tombol asisten, kalian tidak perlu repot-repot menekan tombol fisik untuk menangkap layar. Begini cara mengambil SS dengan fitur tombol asisten.

1. Aktifkan menu Asisten

Buka Pengaturan/Setelan - Aksebilitas - Interaksi dan Kecekatan - aktifkan Menu Asisten.
cara screenshot samsung a20s tanpa tombol


2. Ambil screenshot

Setelah diaktifkan, akan muncul ikon berbentuk bulat kecil dan transparan di samping layar.

Tentukan dimana kalian ingin mengambil screenshot, kemudian pilih ikon menu asisten tadi, lalu pilih Screenshot / Gambar layar.
cara screenshot samsung a20 dengan mudah

3. Hasil screenshot tersimpan di Gallery

Jika berhasil, layar akan berkedip dan berbunyi shutter.
Secara otomatis tangkapan layar akan tersimpan di Gallery.

Samsung juga menyertakan fitur untuk mengambil tangkapan layar secara memanjang kebawah. Fitur ini dinamakan Scroll Capture atau Screenshot Panjang seperti pada contoh gambar berikut.
cara screenshot samsung a20 panjang

Ada sedikit pengaturan yang harus diaktifkan sebelum menggunakan fitur ini. Begini caranya.

1. Aktifkan Tangkapan Cerdas

Buka Pengaturan/Setelan - Fitur lanjutan - aktifkan Tangkapan Cerdas.

2. Ambil Screenshot

Tentukan dimana kalian ingin mengambil screenshot panjang.

Lalu ambil screenshot dengan menggunakan salah satu dari cara diatas. Bisa dengan tombol fisik, usap layar, atau menu asisten.

3. Scroll kebawah

Setelah tangkapan layar berhasil diambil, maka akan muncul sebuah kotak di bagian bawah layar (menu pop-up), kemudian pilih Tangkap cerdas / Smart capture dan pilih ikon Panah kebawah seperti gambar berikut.
cara screenshot samsung a20s panjang

Lalu layar akan otomatis bergerak kebawah. Tekan kembali ikon panah tersebut sampai area tangkapan layar yang diinginkan.

4. Hasil screenshot tersimpan di Gallery

Setelah selesai lihat hasilnya di Gallery.

Untuk cara screenshot Samsung A20 panjang bisa menggunakan cara diatas, atau bisa juga menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat didownload di PlayStore secara gratis.


Akhir kata itulah artikel tentang cara screenshot Samsung A20 / A20s menggunakan tombol 2 jari, usap layar (gesture), tombol asisten, dan panjang (long capture).

Selamat mencoba, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Share jika artikel ini bermanfaat, dan kita ketemu lagi di artikel selanjutnya.