3 Cara Mudah Reset HP Samsung: Hard Reset / Factory Reset

Cara mudah reset hp samsung karena lupa pola / lupa pin.
Cara Reset HP Samsung

Siapa yang tidak kenal Samsung? Ya, Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar didunia. Perusahaan ini telah banyak memproduksi alat-alat elektronik, mulai dari AC, Televisi, Laptop, hingga smartphone.

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah memproduksi puluhan ribu smartphone dengan berbagai tipe. Adapun sistem operasi yang digunakan adalah Android OS milik Google.

Keduanya bekerjasama memberikan fitur tanpa batas bagi para penggunanya seperti berkomunikasi, bermain game, menonton video, dan lain sebagainya.

Meski begitu, smartphone juga merupakan alat elektronik yang tidak luput dari permasalahan, baik yang disebabkan pengguna, disebabkan sistem operasi, ataupun disebabkan perangkat kerasnya sendiri.

Misalnya smartphone terasa lambat, hang, penyimpanan yang penuh, kartu SD tidak terbaca (kartu memori sd card tidak terbaca), atau ketidaksengajaan dalam melakukan pengaturan sehingga menyebabkan permasalahan baru.

Salah satu solusi yang paling ampuh dalam menangani masalah-masalah tersebut adalah dengan melakukan reset HP Samsung (Factory/Hard Reset) agar hp Samsung anda seperti baru kembali.

Factory/Hard Reset berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan ponsel menjadi seperti bawaan pabrik / seperti saat kita baru membelinya.

Selain masalah yang disebutkan diatas, reset hp samsung seperti samsung J1, J2, A10s, atau hp samsung lainnya juga bisa mengatasi bagi anda yang lupa pola atau lupa pin, sehingga setelah smartphone di reset maka akan kembali ke pengaturan awal dan pola/pin keamanan pun bisa hilang.

Melakukan reset di hp Samsung dapat menyebabkan semua data dan aplikasi yang tersimpan pada memori internal anda akan hilang secara permanen.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan reset pada ponsel Samsung sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu, caranya dengan memindahkan data (foto, video, dokumen) ke kartu SD (SD Card). Atau anda juga bisa memindahkan datanya ke PC (Komputer / Laptop).

Hal ini bertujuan agar data anda tidak ikut terhapus. Setelah selesai melakukan factory reset HP Samsung, anda bisa memindahkannya kembali ke memori internal anda.

Untuk mengetahui bagaimana cara mudah reset hp Samsung, simak panduannya berikut ini.

Cara factory reset hp samsung

Cara reset HP Samsung yang pertama ini adalah yang paling mudah. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka Pengaturan/Setelan

Buka menu/daftar aplikasi (App drawer), kemudian pilih Pengaturan/Setelan

2. Pilih Backup & Reset

Scroll kebawah dan pilih menu Backup and Reset

3. Pilih Factory Data Reset

Scroll kebawah dan pilih Factory Data Reset. Kemudian pilih Reset Device, lalu tekan OK/YES.

4. Restart

Ponsel akan Restart secara otomatis

5. Tunggu sampai selesai

Mungkin membutuhkan waktu 3-5 menit

6. Selesai

Selesai, hp samsung anda berhasil di reset.

Cara Hard reset hp samsung

Yang kedua adalah cara reset hp samsung dengan kode rahasia. Cara ini tergolong cukup mudah, anda hanya perlu memasukkan kode rahasia reset hp samsung melalui dial pad saja. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Telepon

Buka "telepon" (Tempat untuk memasukkan nomor telepon)

2. Tekan kode rahasia

Tekan kode rahasia *#*#7780#*#*, lalu tekan tombol "Panggil/Call" (Icon gambar telepon). Lalu akan muncul pesan konfirmasi untuk melakukan reset, tekan saja "OK/Yes".

3. Restart

Setelah anda menekan "OK/Yes", secara otomatis ponsel akan melakukan restart. Tunggu sampai selesai, biasanya membutuhkan waktu 3-5 menit.

4. Selesai

Done, anda telah melakukan Factory/Hard reset pada smartphone Samsung anda.


Reset HP Samsung lupa pola

Sebelum kita mulai, kita akan bahas sedikit tentang apa itu mode recovery? Mode recovery adalah sebuah mode yang memang diciptakan oleh developer untuk memberikan akses kepada pengguna dalam melakukan berbagai pengaturan khusus. 

 Seperti menginstal via adb, menghapus penyimpanan, serta melakukan Factory reset / Wipe data.

Berikut adalah cara reset hp samsung lewat mode recovery

1. Masuk mode recovery

Matikan / nonaktifkan smartphone samsung anda. Setelah mati, tekan tombol fisik secara bersamaan selama 3-5 detik hingga ponsel bergetar, lalu lepaskan.

Tombol fisik yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Untuk hp Samsung yang memiliki tomboh home seperti seri Samsung Galaxy J1, J2 Prime, dan tipe lainnya tekan tombol "Home + Power + Volume atas" selama 3-5 detik hingga ponsel anda bergetar, lalu lepaskan.
  • Untuk hp Samsung yang TIDAK memiliki tombol home seperti Samsung Galaxy A10, A20 , dan tipe lainnya tekan tombol "Power + Volume atas + Volume bawah" selama 3-5 detik hingga ponsel bergetar, lalu lepaskan.

2. Pilih menu Wipe data/Factory reset

Setelah masuk ke mode recovery (CWM), pilih "Wipe Data / Factory Reset".

Gunakan tombol volume untuk navigasi. Volume atas untuk memindahkan pilihan keatas dan volume bawah untuk memindahkan kebawah. Lalu gunakan tombol power untuk memilih pilihan tersebut.

3. Pilih "Delete all user data"

Setelah memilih menu Wipe Data / Factory Reset, pilih menu "Yes - Delete all user data" untuk mengkonfirmasi Wipe data. Kemudian tunggu hingga proses selesai.

4. Reboot / Restart

Setelah proses reset selesai, pilih "Reboot system now" untuk restart smartphone anda.

5. Selesai

Selamat! Anda telah berhasil melakukan reset hp samsung melalui CWM

Catatan: Kalau anda tidak tahu apa fungsinya, jangan sekali-sekali memilih menu lain selain yang sudah di arahkan diatas. Karna itu bisa menyebabkan muncul permasalahan baru pada perangkat anda.

Akhir kata begitulah tutorial bagaimana cara Factory/Hard Reset smartphone Samsung. Semoga panduan ini bermanfaat bagi pembaca.

Share jika artikel ini bermanfaat dan kita ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Terima kasih ~