PBRP (PitchBlack Recovery Project) untuk Redmi K20 Pro / Mi 9T Pro

TWRP PBRP untuk Redmi K20 Pro atau Mi 9T dengan codename Raphael. Download dan cara instal PBRP Redmi K20 Pro.
TWRP PBRP Redmi K20 Pro Mi 9T
Kali ini saya akan memberikan TWRP PitchBlack atau yang biasa disebut PBRP untuk perangkat Xiaomi Redmi K20 Pro / Mi 9T Pro yang memiliki code name Raphael.

Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan lagi apa itu PBRP, kalau anda sudah berada disini pasti anda sudah tau apa itu PBRP dan apa fungsinya. Untuk selengkapnya mengenai PBRP silakan baca artikel mengenai TWRP PBRP (PitchBlack Recovery Project) untuk Android.

Singkatnya, PBRP adalah custom recovery layaknya TWRP yang berfungsi untuk melakukan berbagai modifikasi pada sistem android, seperti instal custom rom, instal custom kernel, backup rom, dan lainnya.
Sama seperti pada perangkat android lainnya, anda juga bisa menggunakan PBRP sebagai pengganti TWRP untuk melakukan berbagai modifikasi, seperti instal custom rom pada Redmi K20 Pro / Mi9T, backup rom, melakukan rooting, dll.

Pada pembaruan kali ini, PBRP untuk Redmi K20 Pro / Mi 9T memiliki beberapa perbaikan, salah satunya adalah perbaikan getaran yang pada versi sebelumnya tidak bekerja.
Selain itu masalah-masalah kecil lainnya juga diperbaiki, untuk selengkapnya lihat di daftar changelog berikut.

Changelog:
  • Many change from last source TeamWin 3.4.0
  • Vibration work √
  • Add back SAR in init
  • Build busybox
Build info
File name: PitchBlack-raphael-2.9.1-20200606-0847-OFFICIAL.zip
Version: 2.9.1
Date build: Juny 06, 2020
Based: TWRP v3.4.0
Maintainers : PBRPTeam
File size: 59 MB

Kalau anda ingin menggunakan TWRP PBRP ini, perangkat Raphael anda harus sudah dalam kondisi unlock bootloader (UBL) dan sudah terpasang TWRP.

Jika sudah, anda dapat langsung mendownload PBRP versi terbaru untuk Redmi K20 Pro / Mi9T (Raphael) dan mulai menginstalnya dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Kalau anda ingin mengganti TWRP official dengan PBRP dan ingin meng-instal TWRP PBRP untuk Redmi K20 Pro/Mi 9T dan maka anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Download PBRP

Download PBRP untuk Raphael melalui link dibawah, lalu simpan di penyimpanan internal perangkat anda.

2. Reboot Recovery

Reboot ke mode TWRP dengan cara matikan smartphone anda, lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan selama 3-5 detik.

3. Flash PBRP

Setelah masuk ke recovery (TWRP), pilih menu Install, lalu pilih file PBRP yang telah anda download tadi.

Swipe ke kanan untuk mulai proses instal PBRP.

4. Reboot

Setelah selesai, silakan restart Mi 9T Pro anda


Bang, saya sudah instal PBRP versi lama di perangkat Raphael milik saya, bagaimana cara updatenya ke versi terbaru?
Kalau anda mau update TWRP PBRP untuk Redmi K20 Pro (Raphael) ke versi terbaru caranya sama saja dengan langkah-langkah diatas, anda bisa mengikuti panduan yang sudah saya berikan diatas.



Itulah PitchBlack recovery untuk perangkat Redmi K20 Pro / Mi 9T Pro (Raphael). Semoga artikel ini bisa membantu para pengguna perangkat raphael.