Begini Cara Kalibrasi Baterai HP Android yang Benar!

Tutorial mudah cara kalibrasi baterai hp android xiaomi redmi note 5 pro
Cara kalibrasi baterai hp android xiaomi
Baterai merupakan komponen utama pada sebuah perangkat mobile, baik smartphone maupun laptop.

Baterai yang digunakan pada perangkat mobile seperti android adalah baterai yang dapat diisi ulang.

Namun setiap baterai tentu memiliki masa pakai yang beragam, terlebih jika perangkat tersebut digunakan dengan berlebihan, maka masa pakainya pun akan cepat menurun.

Pada saat anda baru membeli sebuah hp android, pastinya status baterai dapat terbaca oleh sistem dengan akurat.

Namun seiring berjalan waktu, sistem bisa saja mengalami masalah dalam membaca kapasitas dan status baterai dengan akurat. Hal inilah yang melatarbelakangi kenapa anda harus melakukan kalibrasi baterai.

Anda pasti sudah tau apa itu baterai kan? Ya, baterai adalah sebuah perangkat keras yang dapat menyimpan daya agar perangkat seperti android, laptop, dll dapat menjalankan fungsinya.

Baterai memiliki kapasitas yang beragam, dan kita tidak dapat melihat secara langsung kapasitas baterai tersebut.

Sistem operasi membutuhkan semacam software atau driver untuk membaca kapasitas dan status baterai secara real-time, sehingga kita dapat mengetahui berapa level persentase sisa baterai ponsel kita saat ini.

Software tidak selamanya akurat dalam menampilkan persentase baterai, apalagi jika sudah termakan usia. Bukan tidak mungkin sisa baterai ponsel anda saat ini aslinya adalah 80%, namun pada layar ponsel anda hanya terbaca 50%.

Hal ini lah kenapa kalibrasi baterai sangat diperlukan, yaitu untuk menormalisasi kesalahan software atau driver dalam membaca status baterai.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kalibrasi baterai adalah proses normalisasi baterai agar kapasitas dan statusnya dapat terbaca oleh sistem secara akurat.

Berdasarkan penjelasan diatas, kalibrasi baterai bertujuan agar sistem dapat membaca dan menampilkan kembali kapasitas dan status persentase baterai yang sebenarnya secara akurat.

1. Baterai cepat habis

Kalau anda merasa baterai anda cepat habis dari biasanya, bisa jadi anda harus melakukan kalibrasi baterai. Karena mungkin saja ada kesalahan pada sistem saat membaca status baterai.

Namun dengan mengkalibrasi baterai bukan berarti dapat menghemat konsumsi baterai, bisa saja itu disebabkan oleh faktor usia baterai tersebut. 

Karena semakin lama, kapasitas baterai semakin berkurang, tergantung pada cara pemakaian baterai.

2. Persentase baterai berkurang secara tidak wajar

Jika ponsel anda baterainya berkurang secara tidak wajar, mungkin anda juga harus mencoba untuk melakukan kalibarasi baterai. 

Misalnya persentase baterai berkurang dari 78% langsung ke 76%. Ini artinya ada yang tidak wajar dan perlu untuk di kalibrasi.

3. Proses pengisian daya tidak bisa sampai 100%

Pernahkah anda mengalami saat mengisi daya ponsel anda tidak mencapai 100%? Padahal anda sudah mengisi daya selama berjam-jam. 

Jika pernah, mungkin anda juga harus mencoba untuk mengkalibrasi baterai android anda.

Anda sudah tau apa itu kalibrasi baterai, anda juga sudah tau apa tujuan dan alasan harus melakukan kalibrasi baterai. Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi baterai?

Lakukan kalibrasi baterai hp anda ketika anda merasa baterai ponsel anda cepat habis dari biasanya, atau ketika persentase baterai ponsel anda berkurangnya tidak wajar seperti yang telah Andronine sebutkan diatas.

Trik kalibrasi baterai yang saya share ini berbeda dengan tutorial pada umumnya, tutorial ini saya dapatkan dari salah seorang member Grup Telegram Whyred.

Tutorial cara kalibrasi baterai ini dengan aplikasi Terminal Emulator saja.

Salah satu syarat utama dalam kalibrasi dengan cara ini adalah harus sudah di ROOT, untuk ponsel yang Non-ROOT (Tanpa ROOT) tidak bisa menggunakan cara ini.

Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi sebelum mulai melakukan kalibrasi baterai.

Syarat sebelum kalibrasi baterai

  • Terminal Emulator (Download di PlayStore)
  • Download Batcal.sh disini
  • Ponsel harus sudah di ROOT
  • Baterai ponsel harus 100%

Cara mudah kalibrasi baterai Xiaomi Redmi Note 5 Pro

  • Download batcal.sh melalui link diatas, lalu simpan di penyimpanan internal. Simpan diluar, jangan didalam folder!
  • Charge hp sampai full 100%, setelah 100% jangan cabut chargernya, biarkan saja terpasang pada ponsel.
  • Buka Terminal Emulator
    • ketik su lalu enter
    • ketik cd sdcard lalu enter
    • ketik sh batcal.sh lalu enter
    • lalu akan muncul pilihan:
      (c) untuk kalibrasi baterai
      (x) untuk keluar
      (a) untuk otomatis
      pilih saja c, lalu enter
  • Setelah selesai akan muncul pertanyaan untuk reboot, jawab saja yes
  • Biarkan ponsel reboot dalam keadaan masih terpasang charger
  • Done

Note:
  • Setelah ini jangan biasakan untuk melakukan restart dengan ponsel masih terpasang charger, karena bisa menyebabkan kesalahan dalam membaca memory history baterai. Kalau mau restart, silakan cabut dulu chargernya.
  • Kalibrasi baterai ini untuk keakuratan dalam pembacaan persentase baterai, bukan untuk awet atau tidaknya baterai ya.
Credit : zeppelinrox

Catatan:
Dalam tutorial cara kalibrasi baterai ini, saya mempraktekkannya pada HP Xiaomi Redmi Note 5 Pro (whyred) dalam kondisi sudah di root. Untuk cara kalibrasi baterai android tipe lain seperti asus, samsung, realme, dll saya belum pernah mempraktekkannya.

Itulah cara ampuh kalibrasi baterai android yang benar dan sudah saya coba sendiri dan itu work. Semoga artikel ini juga menjadi solusi untuk anda yang ingin mengkalibrasi baterai hp anda.

Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun saran silakan tinggalkan di kolom komentar. Share jika artikel ini bermanfaat, dan kita ketemu lagi di artikel berikutnya.

Terima kasih ~