Kumpulan Custom ROM Redmi 4X [Santoni] berbasis Android 10

Kumpulan Custom ROM Redmi 4X [Santoni] berbasis Android 10.
Custom ROM Redmi 4X Android 10

Apakah anda sedang ingin instal Custom ROM untuk HP Redmi 4X? Apakah anda ingin mencicipi bagaimana menggunakan Custom ROM untuk HP Xiaomi 4X dengan basis android 10?

Disini saya akan mencantumkan 5 jenis Custom ROM untuk Redmi 4X android 10 Q dengan update terbaru.

Sedikit pembahasan tentang Xiaomi Redmi 4X atau yang memiliki code name Santoni, HP ini dirilis pada tahun 2017 dengan sistem operasi bawaan berbasis Android 6.0.1 Marshmallow dan hanya akan mendapatkan update hingga Android Nougat 7.1.2.

Namun jangan berkecil hati, anda tetap dapat mencicipi Android 10 di Smartphone Xiaomi Redmi 4X kesayangan anda. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menginstal Custom ROM.

Apa itu Custom ROM?

Custom ROM adalah ROM (sistem operasi) buatan pihak ketiga. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Android merupakan sistem operasi open source, yang artinya pengembang dapat mengambil source code dari google dan membuat sistem operasi (ROM) mereka sendiri.

Jadi singkatnya adalah Custom ROM merupakan sistem operasi yang berbasis AOSP (Android Open Source Project) atau Android Stock yang telah dimodifikasi oleh pengembang pihak ketiga, yang bertujuan untuk lebih memaksimalkan kinerja sebuah smartphone.

Dengan Custom ROM, anda dapat mencicipi pembaruan android terbaru yang belum dirilis oleh produsen smartphone.

Custom ROM Redmi 4X Android 10 Terbaru [Update Mei 2020]

  1. Pixel Experience
  2. Havoc OS
  3. Derpfest OS
  4. Colt OS
  5. Superior OS
  6. Descendant OS
  7. Revenge OS
  8. Corvus OS (Unofficial) 
  9. Evolution X (Unofficial) 
  10. Carbon ROM (Unofficial)
Berikut kami cantumkan daftar Custom ROM terbaru untuk HP Xiaomi Redmi 4X. Untuk menginstal Custom ROM Redmi 4X terbaru, perangkat anda wajib sudah terpasang TWRP.

Setelah anda menginstal TWRP, barulah anda dapat menginstal Custom ROM, Magisk (Root), atau apapun untuk memodifikasi perangkat anda.

Jika perangkat anda sudah terinstal TWRP, maka anda pilih salah satu dari Custom ROM terbaru dan ringan untuk Redmi 4X disini.

Pixel Experience

PixelExperience adalah Custom ROM berbasis AOSP yang dikembangkan oleh The PixelExperience Team, dengan menyertakan semua aplikasi Google dan Pixel seperti launcher, wallpaper, icon, animasi booting, dan lain-lain.

Misi dari Pixel Experience adalah untuk menawarkan stabilitas dan keamanan semaksimal mungkin pada perangkat anda, dengan menyematkan fitur penting dan berguna untuk perangkat agar dapat berfungsi maksimal.

Havoc OS

Havoc OS merupakan ROM yang memiliki banyak kustomisasi layaknya ROM ResurrectionRemix. Walau begitu, ROM ini tidak memiliki masalah pada performa, tetap ringan dan memiliki performa yang smooth ketika digunakan.

Derpfest

Derpfest awalnya memulai proyek ini berdasarkan basis dari AOSiP untuk Oneplus 5T. Kemudian banyak pengguna dan pengelola tertarik untuk mendukung Derpfest. Dan sekarang akhirnya Derpfest mencoba untuk berdiri sendiri tanpa bergantung dengan AOSiP, mencoba untuk menjadi komunitas Custom ROM dengan kontribusi unik dari mereka sendiri.

Feature

  • Smooth UI
    Dioptimalkan untuk memberikan Anda pengalaman yang smooth pada perangkat Anda
  • Customisations
    Dilengkapi dengan banyak kustomisasi sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan Anda
  • Pixel ExperienceMenyediakan UI (User Interface) seperti Pixel, termasuk aplikasi google dan aplikasi pixel lainnya seperti wallpaper, icon, font, dan lainnya.
  • Weekly UpdateDiperbarui secara teratur, membawa penyesuaian, fitur, dan patch keamanan terbaru

Colt OS

Colt OS mungkin tidak terlalu terkenal seperti AOSP Extended ataupun Pixel Experience, namun Colst OS ternyata merupakan salah satu Custom ROM terbaik dan selalu mendapat pembaruan terbaru hingga kini yaitu Android 10.0 Q.

Colt OS menyematkan fitur-fitur yang bisa memanjakan penggunanya, bahkan ROM ini sudah dioptimalkan performanya sehingga kita tidak perlu repot-repot menginstal berbagai macam tweak, bahkan developer pun tidak menyarankan untuk menambahkan tweak pada ROM ini.

Superior OS

Superior OS adalah custom ROM berbasis AOSP dengan beberapa fitur minimal untuk memenuhi permintaan pengguna saat ini.

ROM ini merupakan versi Official jadi anda tidak perlu khawatir, karena akan selalu mendapatkan pembaruan terbaru melalui OTA.

Descendant OS

Didirikan pada tahun 2018, dengan dipimpin oleh Dil3mm4, Descendant adalah pandangan berbeda tentang Android yang bertujuan untuk merevolusi pengalaman Android AOSP Google yang dapat diinstal pada berbagai perangkat android.

Terdapat beberapa fitur kustomisasi yang disematkan pada ROM ini seperti Always on display, QS Panel, Status bar, Notification option, dan lainnya

Revenge OS

RevengeOS dikenal menggunakan AOSP berbasis CAF. Dan hingga saat artikel ini dibuat, RevengeOS untuk Redmi 4X yang memiliki code name Santoni ini telah mencapai versi 3.2 dengan basis Android 10.0 Q.

RevengeOS merupakan build official sehingga nantinya akan mendapatkan pembaruan terbaru dengan fitur-fitur dan perbaikan bugs lainnya serta mendapatkan pembaruan patch keamanan terbaru.

Corvus OS

Corvus OS adalah ROM lainnya dengan banyak Kustomisasi dan terinspirasi oleh Dirty Unicorns, tetapi dengan menambahkan fitur lainnya juga. Tujuan ROM ini adalah memberikan Custom ROM yang stabil dan fitur yang dapat dinikmati oleh banyak perangkat.

Perlu dicatat bahwa Corvus OS untuk Redmi 4X adalah build Unofficial, sehingga jadwal pembaruan mungkin tidak teratur seperti build Official.

Evolution X

Evolution X adalah ROM Kustom yang dapat di-flash untuk menghadirkan nuansa Pixel yang sebenarnya ke Perangkat Android Anda, dengan banyak konfigurasi tambahan yang Anda inginkan. Evolution X bertujuan untuk menyediakan pembaruan berkala dengan patch keamanan setiap bulannya dari sumber AOSP terbaru.

Features

  • Frequent UpdateKami menyediakan pembaruan paling sering di antara semua ROM khusus. Pembaruan bertujuan untuk keadaan paling stabil dan memastikan untuk berada di patch keamanan terbaru.
  • Pixel FeelEvolution X memberi Anda pengalaman Pixel yang sempurna, menggunakan sumber AOSP. ROM juga dilengkapi dengan penyesuaian dan fitur tambahan.

Carbon ROM

CarbonROM adalah firmware aftermarket yang berbasis pada Android Open Source Project yang dibuat dengan tujuan menambah fleksibilitas dan kustomisasi untuk stok Android.

Stabilitas adalah prioritas utama ROM ini; Visi ROM ini adalah menjadi alternatif terbaik untuk sistem operasi persediaan untuk perangkat Anda.

Features and more

Berikut adalah beberapa fitur yang dijelaskan pada web resmi CarbonROM

"Kami hanya memiliki sedikit segalanya; ROM kami memiliki fitur untuk hampir setiap bagian dari sistem operasi. Perubahan di belakang layar memungkinkan ROM untuk bekerja lebih cepat tanpa mengganggu stabilitas; hasil akhirnya menjadi perangkat lunak yang mudah disesuaikan dan untuk perangkat Anda."


Cara instal Custom ROM

Note: 
  • Pastikan anda melakukan backup data untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  • Sebelum menginstal Custom ROM ini, pastikan smartphone anda telah terpasang TWRP. Karena semua Custom ROM tidak dapat diinstal tanpa melalui TWRP.
Baca Juga: Cara Pasang TWRP Sementara dan Permanen by Technoblogy

Reboot Recovery

Matikan ponsel, lalu masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan sampai muncul logo HP di layar

Wipe dalvik, cache, data, system, and vendor

Setelah masuk ke recovery (TWRP), pilih menu wipe, lalu advance wipe, lalu ceklist dalvik, cache, data, system, dan vendor.

Kemudian swipe ke kanan untuk memulai proses wipe

Flash ROM

Setelah selesai melakukan wipe, tekan tombol back (kembali) sampai ke menu awal. Lalu pilih menu instal, dan pilih Custom ROM.zip yang telah didownload.

Setelah itu swipe ke kanan untuk mulai proses instal Custom ROM.

Flash Magisk (Optional)

Setelah instal Custom ROM selesai, tekan tombol reboot system untuk restart ponsel.

Atau instal Magisk.zip jika ingin melakukan Root ponsel anda, caranya dengan kembali lagi ke menu awal dan pilih menu instal, pilih file magisk.zip.

Swipe ke kanan untuk mulai proses instal magisk.

Reboot

Setelah selesai, pilih reboot system


Referensi: